image
06 Februari 2018 | 12:54 WIB | SOULUTION

Perut Sering Merasa Lapar Malam Hari? Ini Dia Penyebabnya

EKSPRESI– Suka merasa lapar tengah malam, padahal seharian kita sudah memasukan banyak makanan. Tahu nggak, kawan, Ternyata level hormon lapar memang meningkat saat malam hari lho. Nah, itulah sebab kenapa perut lapar pada malam hari.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menyelidiki bagaimana malam hari bisa mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk makan berlebihan. Beberapa  peneliti dari John Hopkins Medicine melakukan serangkaian eksperimen dengan melibatkan 19 pria dan 13 wanita kegemukan yang berusia antara 18 dan 50 tahun.

Setiap peserta diminta melakukan puasa selama delapan jam, sebelum menerima makanan cair yang mengandung 608 kalori pada pukul 9 pagi atau pukul 4 sore. Kemudian, sampel darah mereka diambil untuk meneliti hormon stres dan tingkat rasa lapar mereka. Selanjutnya, peserta dipersilahkan mengambil makanan sesuai dengan porsi yang diinginkan.

Dari eksperimen tersebut, peneliti menyimpulkan kalau orang memiliki nafsu makan yang tinggi karena hormon yang memicu rasa lapar meningkat pada malam hari.

"Temuan kami menunjukkan bahwa malam adalah waktu berisiko tinggi untuk makan berlebihan, terutama jika Anda stres dan gampang tergoda makanan,"ujar Sarah Carnell, Ph.D., asisten profesor dalam bidang psikiatri dan perilaku dari Johns Hopkins University of Medicine.

"Kabar baiknya adalah bahwa dengan pengetahuan ini, orang bisa mengambil langkah untuk mengurangi risiko makan berlebihan dengan makan malam lebih awal, atau menemukan cara alternatif untuk mengatasi stres,"imbuhnya.

Sementara itu, data Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas) tahun 2016 menunjukkan penduduk Indonesia berusia diatas 18 tahun yang mengalami kegemukan mencapai prosetase sebesar 20,7 persen. Angka itu menunjukkan peningkatan pesat dari tahun 2013 ketika penduduk yang kegemukan mencapai 15,4 persen.

Foto: berbagaisumber

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )