image

PERSIAPAN: Anggota Polsek Sukoharjo membantu personel TNI sebelum mengikuti Uji Terampil Perorangan (UTP) di Desa Kajeksan Kecamatan Sukoharjo, Wonosobo. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)

15 Februari 2018 | 09:24 WIB | Suara Kedu

Kemanunggalan TNI-Polri Terus Dilakukan

WONOSOBO, suaramerdeka.com- Kemanunggalan TNI-Polri di Wonosobo tidak diragukan lagi. Mulai dari unsur pimpinan hingga anggota di lapangan, begitu menyatu dalam setiap kegiatan. Hal ini terlihat pada saat pelaksaan Uji Terampil Perorangan (UTP) di Desa Kajeksan Kecamatan Sukoharjo, Wonosobo.  Sebelum ujian dilaksanaan, anggota diharuskan untuk menyamar. Pada saat penyamaran, anggota TNI dibantu para anggota Polsek Sukoharjo.

Anggota Koramil 10/Selomerto, Sersan Sujarwo mengaku senang tidak usah repot-repot untuk menyamar wajahnya saat akan melaksanakan ujian tersebut. Karena, dirinya dibantu anggota Polsek Sukoharjo. Dengan dibantu saat penyamaran, banyak manfaat yang diperoleh seperti hasil samaran lebih rapi, tidak usah repot-repot menghias diri dan yang paling penting adalah timbul rasa kekeluargaan antara TNI-Polri.

"Ini bisa terjadi karena antara TNI-Polri sudah terjalin yang sangat baik dalam setiap kegiatan, sehingga tanpa diminta bantuanpun mereka akan saling bahu membahu untuk saling membantu. Pekerjaan jika dilakukan secara bersama-sama, sudah bareng, tentu akan lebih baik hasilnya," ungkapnya, diamini Aipda Rojikun, anggota Polsek Sukoharjo yang merasa senang bisa membantu pelaksanaan UTP di Sukoharjo tersebut.

Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli menyebutkan, UTP dilaksanakan setiap tahun sekali dan sebelumnya didahului dengan latihan perorangan, guna mengasah dan mengingat kembali dasar-dasar dari seorang militer agar lebih profesional dalam menjalankan tugas kesehariannya. "Ada sebanyak 80 prajurit yang melaksanakan UTP umum sejak Senin-Rabu (12-14/2)," beber dia.

UTP tersebut terdiri atas keterampilan pengetahuan dasar militer meliputi senjata, peta jarak, kompas, intelijen, sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, bhakti TNI, Binwanwil, Komsos, Sisrendal Binter, dan Tatalaksana Binter dan rencananya akan dilaksanakan Senin-Rabu. "Meskipun kita sudah melaksanakan dinas di komando teritorial (Koter), namun dasar-dasar dari seorang prajurit harus selalu kita ingat," beber dia.

Pasiops Kodim 0707/Wonosobo Kapten Czi Sarwiyono menambahkan, UTP bertujuan untuk mengingatkan dan meningkatkan keterampilan serta kecakapan secara perorangan untuk mencapai kualifikasi keterampilan. Latihan tersebut dilaksanakan supaya anggota TNI,  mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan bidangnya masing-masing (profesional dan proporsional). "UTP untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh setiap prajurit," tutur dia.

(M Abdul Rohman /SMNetwork /CN26 )