image

Foto: https://liga-indonesia.id

14 Februari 2018 | 22:19 WIB | Liga Indonesia - Nasional

Demerson Antar Bali United ke Final Piala Presiden

GIANYAR, suaramerdeka.com- Gol tunggal Demerson Bruno Costa mengantarkan Bali United menjejakkan kaki ke partai final Piala Presiden 2018. Gol itu dicetak saat skuad Serdadu Tridatu menjamu Sriwijaya FC pada leg kedua semifinal di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (14/2) malam. Pada pertemuan pertama di Palembang, kedua tim bermain imbang tanpa gol. Sehingga Bali berhak melaju ke partai puncak usai menang agregat 1-0.

Pada final, Fadhil Sausu dan kawan-kawan sudah ditunggu Persija Jakarta yang sebelumnya menyingkirkan PSMS Medan. Rencananya, laga perebutan juara akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2) dengan disaksikan langsung Presiden Joko Widodo.

Bali United menurunkan pemain terbaik di laga yang disaksikan sekitar 17 ribu penonton tersebut. Ini berbeda dengan skuad yang bertanding lawan Yangon United pada laga perdana Piala AFC sehari sebelumnya di stadion yang sama. Kala itu, pasukan Widodo C Putro hanya mengandalkan pemain pelapis. Imbasnya, tuan rumah digasak wakil Myanmar 1-3.

Setelah berkorban di Piala AFC, Bali United tak mau kehilangan kesempatan di Piala Presiden. Pemain utama diturunkan demi mengamankan poin penuh. Fadhil Sausu cs juga terus menekan sejak sepak mula. Meski bermain di kandang, bukan berarti Bali United mudah menciptakan peluang.

Sebab Sriwijaya FC juga mencoba menggebrak dengan pemain-pemain andalan seperti Makan Konate, Alberto Goncalves, Yu Hyun Koo dan Adam Alis. Namun hingga babak pertama usai belum ada satu peluang bagi kedua tim untuk dijadikan gol.

Usai turun minum, Sriwijaya berusaha mendominasi permainan. Serangkaian serangan dilakukan untuk mencuri gol. Yu Hyun Koo, nyaris menciptakan gol melalui tendangan bebas pada menit ke-49. Namun sepakannya masih melenceng di kiri gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan.

Skuat tuan rumah juga mencari celah dari sisi kanan. Pergerakan Miftahul Hamdi yang beroperasi di posisi itu, menggantikan peran Yabes Roni Malaifani, sering berujung di depan gawang. Pada menit ke-61 misalnya, operan yang diberikan kepada Fadhil Sausu, langsung diluncurkan ke gawang Sriwijaya yang dikawal Teja Paku Alam. Hanya saja, tembakan Fadhil masih bisa diamankan Teja.

Tuan rumah baru bisa membuat belasan ribu suporter bersorak sorai pada menit ke-80. Ini terjadi setelah bek Demerson Bruno Costa sukses menjebol gawang Teja melalui sundulan. Tandukan pemain asal Brasil ini bermula dari sepakan pojok yang diambil Fadhil. Meski mendapat pengawalan ketat dari pemain Sriwijaya, namun Demerson dengan cerdik memgheading bola hingga meluncur bebas ke gawang tim tamu.

Dengan sisa waktu normal 10 menit, skuat asuhan Rahmad Darmawan berusaha mengejar ketertinggalan. Serangan-serangan dilakukan, hanya saja tak mampu melahirkan gol, hingga wasit meniup peluit akhir. Dengan hasil ini, Sriwijaya akan menghadapi PSMS Medan dalam perebutan posisi ketiga yang akan digelar sebelum partai final.

(Arif M Iqbal /SMNetwork /CN26 )